Menhub mau KAI perluas layanan Kereta Panoramic

KAI sempat mengujicobakan Kereta Panoramic pada 24 Desember 2022-4 Januari 2023 dan dirangkai dengan KA Taksaka Tambahan.

Ilustrasi kabin Kereta Panoramic. Menhub mau KAI perluas layanan Kereta Panoramic. Dokumentasi PT KAI (Persero)

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mendorong PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memperluas layanan Kereta Panoramic. Pangkalnya, antusiasme publik tinggi sehingga ada potensi untuk dikembangkan.

Kereta Panoramic adalah kereta dengan spesifikasi khusus untuk menikmati panorama dan menjadikannya yang pertama ada di Indonesia. Beberapa negara memiliki layanan ini sebelumnya, seperti Amerika Serikat, Jepang, dan Swiss.

"Saya kira, jumlah kereta dan rutenya bisa ditambah ke depannya karena minat masyarakat yang tinggi terhadap kereta ini," ucap Budi Karya saat menjajal Kereta Panoramic, Sabtu (28/1).

"Kita sudah punya Kereta Panoramic seperti yang ada di luar negeri. Jadi, tidak usah jauh-jauh ke Swiss. Ini suatu inovasi yang baik dari PT KAI," imbuhnya, melansir situs web Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Kereta Panoramic memiliki jendela berukuran besar di kedua sisinya dan atap bahkan dapat dibuka-tutup secara otomatis. "Ini memberikan sensasi yang berbeda karena bisa menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan," ungkap Budi Karya.