Menkeu sebut asumsi makro pengaruhi kondisi ekonomi

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebut jika perkembangan asumsi makro memberikan pengaruh pada kondisi perekonomian.

Menteri Keuangan Sri Mulyani/ Antara Foto

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberi penjelasan kondisi terbaru Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) per September 2018. Dijelaskan perkembangan asumsi makro memberikan pengaruh pada kondisi perekonomian dalam negeri.

Menkeu mengatakan, pertumbuhan asumsi makro mengenai lingkungan global yang memberi dampak pertumbuhan ekonomi, diantaranya normalisasi nilai tukar, perang dagang, serta ketegangan geopolitik di Timur Tengah. 

"Dari sisi pertumbuhan ekonomi sampai 28 September 2018 adalah 5,17%" jelas Sri Mulyani di Gedung Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, Rabu (17/10).

Pemerintah akan menjaga momentum pertumbuhan ekonomi ini sampai dengan akhir tahun nanti serta terus memantau pertumbuhan ekonomi yang baginya harus terus diwaspadai. Selanjutnya, Menkeu menjelaskan inflasi sampai dengan akhir September 2018 sebesar 2,9% dan lebih rendah dari asumsi yakni 3,5%.

"Ini termasuk rendah dan stabil rendah. Ini merupakan salah satu bentuk yang memperbaiki posisi kita," lanjutnya.