Ombudsman: Sistem perbankan digital Indonesia aman dari peretas

Ombudsman memastikan kasus eror sistem yang terjadi pada Bank Mandiri hanya kesalahan teknologi IT.

Ombudsman RI menyatakan sistem cyber security atau sistem pengamanan digital perbankan Indonesia masih mampu menahan serangan peretas atau hacker. / Antara Foto

Ombudsman RI menyatakan sistem cyber security atau sistem pengamanan digital perbankan Indonesia masih mampu menahan serangan peretas atau hacker.

Anggota Ombudsman RI Dadan S. Suharmawijaya mengatakan, sampai dengan saat ini belum ada yang mampu menembus sistem pertahanan digital perbankan di Indonesia.

“Serangan hacker selama ini bisa ditangkal oleh sistem keamanan digital kita dan tidak ada yg bisa menembus,” katanya dalam konferensi pers di kantor Ombudsman RI, Senin (29/7).

Pemaparan Dadan tersebut terkait dengan eror sistem rekapitulasi yang terjadi pada Bank Mandiri beberapa waktu lalu, yang menyebabkan bertambah dan berkurangnya dana nasabah secara tiba-tiba.

Ia mengatakan, hasil penyelidikan yang dilakukan oleh Ombudsman RI bersama dengan Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyimpulkan kejadian tersebut hanya masalah teknis yang menyebabkan eror sistem rekap, bukan karena serangan hacker.