Opsi childfree dan realita ongkos membesarkan anak

Mempunyai anak adalah keputusan besar yang melibatkan konsekuensi materiil dan imateriil.

Ilustrasi Alinea.id/Bagus Priyo.

Nama Gita Savitri menjadi trending topic di Twitter beberapa waktu lalu. Youtuber yang menetap di Jerman ini menimbulkan pro kontra setelah menyebut dirinya dan pasangan memutuskan childfree alias tidak mempunyai anak. Meski kontroversial, opsi childfree yang menyeruak kini tak lepas dari isu biaya yang dibutuhkan untuk membesarkan anak.

Dena misalnya. Ia baru saja melahirkan anak pertamanya 8 bulan lalu. Meski tinggal jauh dari ibu kota, tepatnya di Purwokerto, Jawa Tengah, dia mengaku harus merogoh kocek tidak sedikit sejak awal kehamilan hingga persalinan. 

Dia bilang, untuk biaya persalinan yang harus dikeluarkannya sebenarnya relatif terjangkau. Hanya sekitar Rp1,4 juta untuk biaya kelahiran dengan operasi caesar. Pasalnya, ia menggunakan BPJS Kesehatan Kelas 1 di salah satu Rumah Sakit Ibu dan Anak di kotanya.

"Itu sudah termasuk biaya perawatan bayi, kecuali kalau bayi masuk NICU, rapid test, dan swab test," ungkapnya saat dihubungi Alinea.id, Senin (20/9).

Namun, biaya yang dikeluarkannya tersebut masih belum digabungkan dengan biaya kontrol kehamilan, vitamin, susu hamil, serta biaya tambahan atau biaya tak terduga lainnya. Perempuan 26 tahun itu merinci meski menggunakan BPJS Kesehatan, namun tetap ada biaya yang harus ditanggung karena tidak dicover BPJS.