Pemerintah tunda insentif wisata untuk turis asing

Sebagai gantinya, pemerintah akan memberikan insentif berupa keringanan pajak bagi hotel dan restoran.

Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto Antara.

Pemerintah menunda penyaluran insentif berupa diskon paket perjalanan untuk wisatawan mancanegara (wisman) sebagai stimulus sektor pariwisata akibat coronavirus. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan insentif bagi turis asing ini dikhawatirkan justru mendorong masuknya coronavirus ke Indonesia.

Sri juga mengatakan saat ini bukan waktu yang tepat untuk memberikan insentif bagi wisman. "Kita lihat efektivitas saja, kalau timing kan tergantung dari kapan kebutuhan itu," katanya di Bank Indonesia, Jakarta, Kamis (5/3).

Sementara itu, Sri mengungkapkan pemerintah akan memberikan insentif berupa keringanan pajak bagi hotel dan restoran. Sebab, menurut dia, kedua sektor ini paling terdampak coronavirus dan perlu segera diberi stimulus.

"Kalau yang efektif penurunan pajak hotel dan restoran. Itu tetap kita lakukan, kita lihat kalau mereka dalam situasi yang menurun sekarang," ujarnya.

Lebih lanjut, Sri menuturkan pemerintah juga terus memantau perkembangan kondisi pariwisata nasional. Jika diperlukan, pemerintah juga akan memberikan insentif untuk industri ini.