Penerbangan komersial perdana Bandara Kertajati lancar

Bandara Kertajati beroperasi penuh mulai Minggu (29/10) seiring ditutupnya Bandara Husein Sastranegara dan penerbangannya dialihkan.

Penerbangan komersial perdana pada hari pertama beroperasinya Bandara Kertajati secara penuh, Minggu (29/10), berlangsung lancar. Google Maps/Tata wijaya

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati, Majalengka, resmi beroperasi penuh pada Minggu (29/10). Ini ditandai dengan penutupan Bandara Husein Sastranegara, Bandung, dan seluruh penerbangannya dialihkan ke Bandara Kertajati.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, turut menyaksikan penerbangan komersial perdana di Bandara Kertajati. Menurutnya, kegiatan berjalan lancar.

"Saya bahagia sekali akhirnya kita secara resmi melakukan penerbangan pertama di Kertajati," katanya dalam keterangannya.

Ada 7 tujuan domestik dari berbagai maskapai yang beroperasi pada hari perdana pengoperasian penuh Bandara Kertajati. Tingkat okupansi penumpang mencapai sekitar 80%.

Menurut perhitungan Budi Karya, penumpang yang terbang dari Bandara Kertajati mencapai lebih dari 2.000 orang. Ia sesumbar angka itu dapat bertambah karena animo masyarakat relatif tinggi.