Perang Rusia-Ukraina di Shopee, Tokopedia, Lazada, Amazon, Taobao dan Etsy

Perang Rusia- Ukraina juga mulai tampak di online shop. Ada yang mengecam, ada yang 'Ura'.

Kolase. Alinea.id

Perang Ukraina-Rusia meluas hingga online shop. Setidaknya, itu yang tampak di platform penjualan online, Taobao dan Etsy. Etalase toko online di Indonesia pun mulai bertebaran baju 'Ura'.
 
Penjual di pasar online Taobao, yang dikenal sebagai Amazon versi China, menjajakan kaus oblong dengan logo "Z" pro-perang Rusia.

Simbol "Z" pertama kali terlihat pada 22 Februari di sisi kendaraan militer Rusia yang meluncur ke wilayah Donetsk Ukraina dan telah berkembang menjadi simbol pro-perang untuk Rusia dan lambang dukungan untuk Vladimir Putin.

Berdasarkan penelusuran Insider setidaknya empat daftar terkait "Z" di platform itu. Salah satu penjual membandrol produknya seharga US$14 atau sekitar Rp201.000, dan telah mencatat penjualan lebih dari 100 item.

Daftar Taobao melabeli kaus itu sebagai "pakaian kreatif untuk penggemar militer — Z adalah untuk kemenangan." Kaus tersedia dalam tiga ukuran dan berdesain sablon huruf Z putih besar yang terpampang di bagian depan.

Ulasan di kaus di Taobao tampaknya mengungkapkan sentimen umum dukungan untuk kemenangan Rusia dalam perang di Ukraina. Kaus cukup diminati. Ukuran besar dan ekstra besar dari versi hitam kaus sudah terjual habis.