Proyek proving ground terbesar di Asia Tenggara akan dibangun di Bekasi

Proyek ini diharapkan dapat bermanfaat bagi perekonomian di Bekasi, serta mendukung industri otomotif Indonesia.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bekerja sama dengan Kementerian Keuangan, dalam pengembangan proyek proving ground Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) di Bekasi, Jawa Barat. Foto Kemenkeu

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bekerja sama dengan Kementerian Keuangan, dalam pengembangan proyek proving ground Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) di Bekasi, Jawa Barat.

Dalam hal ini, Kemenkeu melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PT PII) melaksanakan penjaminan proyek infrastruktur tersebut dengan skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Dimulainya proyek ini ditandai dengan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama, Perjanjian Kerja Sama Penyediaan Infrastruktur (KSPI), Perjanjian Penjaminan dan Perjanjian Regres oleh Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat selaku Penanggung Jawab Proyek Kerja Sama (PJPK), PT PII selaku Badan Usaha Penjaminan Infrastruktur (BUPI), dan PT Indonesia International Automotive Proving Ground (IIAPG) selaku Badan Usaha Pelaksana (BUP).

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, pihaknya siap memberikan dukungan dan bekerja sama untuk mendorong percepatan pembangunan infrastruktur. Di antaranya dengan menggunakan berbagai fasilitas pembiayaan inovatif yang terus dikembangkan sesuai kebutuhan dari kementerian/lembaga.

“Saya tentu berharap bahwa dengan dilaksanakan proyek ini, tentu tidak hanya sekedar biayanya tapi manfaatnya bagi perekonomian nasional," kata Sri Mulyani dalam keterangannya, dikutip Selasa (1/11).