Resep UMKM raup untung saat pandemi

Berkat penjualan online, UMKM mampu meraih untung di masa pandemi.

Kiat UMKM mendulang untung di kala pandemi. Alinea.id/Dwi Setiawan.

Gempa Padang, Sumatera Barat pada 2009 silam telah memberi trauma mendalam bagi Rina Indrianti. Wilayah tempat tinggal Rina di Jalan Hos Cokroaminoto, Kota Padang termasuk yang terdampak paling parah. Sebanyak 313 orang tewas dari total 1.115 korban jiwa berasal dari kota ini. Sekitar 279.000 bangunan mengalami kerusakan serius. Rumah yang Rina dan keluarganya bersauh rusak cukup parah. Pondasinya miring dan nyaris roboh.

Usaha sang suami, jual-beli dan servis komputer, hancur lebur lantaran gempa berkekuatan 7,6 skala richter itu. Kondisi ini memaksa Rina dan suami angkat kaki dari Kota Padang demi memberi rasa aman bagi kedua anaknya yang masih kecil-kecil.

“Jadi kata keluarga cari aman saja. Ya sudah kami pindah ke Jakarta. Kami mulai dari nol lagi,” kisah Rina kepada Alinea.id melalui konferensi video, Kamis (21/5).

Selang setahun kemudian, Rina dan suami kembali memulai hidup baru di Ibu Kota. Keduanya sempat tinggal di kawasan Jakarta Pusat, sebelum akhirnya pindah lagi ke wilayah Tangerang, Banten.

Mula-mula, kenang Rina, ia dan suami mencari suaka baru dengan berjualan jam tangan, tas, dan pakaian di Pasar Senen, Jakarta Pusat. Waktu itu penjualan jam tangan murah memang sedang laris-larisnya. Tetapi usaha ini tidak berlangsung lama lantaran penyedia-barang-dagangannya harus terjerat razia oleh aparat keamanan.