Sri Mulyani bongkar Kepala KPP jadi mafia pajak

Menteri Keuangan Sri Mulyani jengkel saat masih ada praktik korupsi di lingkungan kementeriannya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkap masih adanya praktik korupsi yang terjadi di lingkungan Kementerian Keuangan yang dilakukan oleh Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP). / Antara Foto

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan masih ada praktik korupsi yang terjadi di lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang dilakukan oleh Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

Sri mengatakan, meski telah memulai reformasi di Kemenkeu sejak 15 tahun lalu saat ia menjabat Menteri Keuangan, namun praktik korupsi masih belum sepenuhnya hilang.

"Birokrasi relatif bersih. Tapi masih lihat beberapa yang fail (gagal). Di KPP yang masih terjadi korupsi. Ada yang sifatnya petugas pemeriksa hanya main-main, atau yang lebih serius kepala kantornya menjadi ketua mafia," katanya, di Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, Selasa (3/12).

Sri pun mengaku jengkel dan menyebut dua praktik buruk semacam itu sebagai contoh yang paling ekstrem yang terjadi di lingkungan Kemenkeu.

"Kami punya dua itu ekstrem dan saya jengkel betul kalau soal itu (korupsi). Dan biasanya kalau jengkel saya bisa keras, suruh pecat saja," ujarnya.