Tokoh Madura dukung usulan reaktivasi kereta api Pulau Garam

"Memang ada pelebaran [jalan], tapi masih banyak jalan-jalan sempit yang tidak mencukupi dan itu menghambat lalu lintas barang."

Ilustrasi. Tokoh Madura dukung usulan reaktivasi kereta api Pulau Garam. Freepik

Tokoh Madura, KH Qusyairi Zaini, mendukung usul Bupati Sumenep, Ahmad Fauzi, yang mendorong reaktivasi kereta api (KA) di "Pulau Garam". Langkah ini diyakini berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi. 

"Saya pribadi sangat mendukung usulan tersebut dan saya yakin ini juga akan membantu ekonomi masyarakat di 'Pulau Garam'," ujarnya saat dihubungi Alinea.id, Jumat (10/2).

Menurut Qusyairi, reaktivasi KA lintas Madura perlu dilakukan lantaran daya dukung jalan di pantai utara ataupun lintas selatan sudah tidak memadai untuk lalu lintas orang dan barang.

"Sangat banyak kebutuhan komoditas yang ada di Madura [dan] membutuhkan transportasi itu untuk mengangkutnya ke luar Madura, seperti garam dan sebagainya. Sementara, akses jalan yang ada kurang memadai, kurang mendukung," ungkapnya.

Qusyairi melanjutkan, usulan reaktivasi KA lintas Madura juga lebih rasional daripada rencana pembangunan jalan tol ataupun pelebaran jalan yang sedang dilakukan.