Utang Duniatex di Bank Mandiri masih Rp1,8 triliun

Bank Mandiri menegaskan perusahaan tekstil Grup Duniatex masih memiliki utang sebesar Rp1,8 triliun dari total Rp5,5 triliun.

Direktur Utama Bank Mandiri Royke Tumilaar (ketiga kiri) berfoto bersama dengan jajaran direksi Bank Mandiri usai Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa di Jakarta, Senin (9/12). / Antara Foto

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) menegaskan perusahaan tekstil Grup Duniatex masih memiliki utang sebesar Rp1,8 triliun dari total Rp5,5 triliun kepada mereka.

Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan hingga saat ini Duniatex telah memasuki kolektibilitas 3 atau sudah tak membayar utangnya selama empat bulan.

"Awal Januari masuk kolektibilitas 4, Februari masuk kolektibilitas 5. Sudah ada investor untuk mengambil aset Duniatex, tapi tak bisa diungkap ke publik sampai mana," ujar Rohan di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (9/12).

Padahal sebelumnya, Duniatex merupakan debitur yang tak pernah absen membayar cicilan kredit ke Mandiri sejak 2002.

Adapun nilai total aset Duniatex yang dipegang oleh Bank Mandiri, kata Rohan, berjumlah 100% atau lebih dari Rp1,8 triliun. Pada Agustus, Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri Panji Irawan mengatakan coverage ratio Bank Mandiri pada agunan Duniatex berada pada level 160%.