Jalur Gaza memanas, PM Israel tunda lawatan ke Kolombia

PM Israel Benjamin Netanyahu dijadwalkan akan melawat ke Kolombia pada 6-9 Agustus.

PM Israel Benjamin Netanyahu / Sebastian Scheiner /Pool via Reuters

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu membatalkan lawatan ke Kolombia yang direncanakan akan berlangsung pekan depan. Langkah ini diambil menyusul situasi di sekitar Jalur Gaza, ungkap seorang pejabat Israel.

Pejabat terkait, yang berbicara dengan syarat anonim, tidak memberikan rincian lebih lanjut. PM Netanyahu dijadwalkan akan melawat ke Amerika Latin pada 6-9 Agustus.

Ketegangan di sepanjang perbatasan antara Israel dan Gaza meningkat dalam beberapa pekan terakhir. Selain itu, di dalam negerinya sendiri, Netanyahu tengah dihadapkan pada krisis politik menyusul protes dari minoritas Arab dan oposisi sayap kiri atas pengesahan sebuah UU yang mendefinisikan Israel sebagai negara Yahudi.

Pada hari Rabu (1/8), Israel mengatakan pihaknya menghentikan pengiriman bahan bakar dan gas ke Jalur Gaza sebagai respons terhadap kelompok Hamas yang menerbangkan balon pembakar yang menghanguskan ladang-ladang di wilayah mereka.

Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman menuturkan, langkah yang diambil pihaknya merupakan tanggapan atas kelanjutan kekerasan lintas batas. Meskipun terdapat jaminan dari Mesir, yang telah mencoba untuk menengahi gencatan senjata, bahwa serangan Hamas akan berakhir.