Rusia buka pintu bagi ribuan pekerja asal Korea Utara

Lebih dari 10.000 pekerja Korea Utara baru terdaftar di Rusia sejak September lalu, tulis surat kabar Wall Street Journal.

Ilustrasi Korea Utara / Pixabay

Rusia mengizinkan ribuan pekerja Korea Utara memasuki wilayahnya. Selain itu, Moskow juga mengeluarkan izin kerja bagi mereka, ungkap Wall Street Journal dalam laporannya pada Kamis (2/8).

Lebih dari 10.000 pekerja Korea Utara baru terdaftar di Rusia sejak September lalu, tulis surat kabar tersebut, mengutip catatan dari Kementerian Dalam Negeri Rusia.

Tindakan Rusia berpotensi melanggar sanksi Amerika Serikat (AS) untuk mengurangi arus pemasukan ke Korea Utara dan memberi tekanan pada Pyongyang untuk menanggalkan senjata nuklirnya, tulis Journal, dengan mengutip pernyataan para pejabat AS. 

Dokumen Kementerian Tenaga Kerja yang diperoleh oleh Journal menunjukkan bahwa minimal 700 izin kerja baru telah dirilis untuk warga Korea Utara di Rusia pada tahun ini. Demikian seperti dikutip dari Reuters, Jumat (3/8).

Pejabat AS tengah menyelidiki kemungkinan pelanggaran sanksi dalam kasus ini. Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Rusia tidak merespons permintaan untuk berkomentar.