Beberapa jam pasca-sanksi AS, Menlu Korea Utara kunjungi Iran

Menlu Iran Mohammad Javad Zarif dan Menlu Korea Utara Ri Yong Ho membahas perkembangan regional dan internasional terbaru.

Ilustrasi / Shutterstock

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif menerima kunjungan mitranya Menteri Luar Negeri Korea Utara Ri Yong Ho ke Teheran pada Selasa (7/8). Kedatangan Ri Yong Ho terjadi beberapa jam setelah Amerika Serikat (AS) memberlakukan kembali sanksi terhadap Iran.

Kantor berita yang dikelola pemerintah Iran, IRNA, melaporkan kedua Menlu bertatap muka dan "menyatakan puas dengan hubungan bilateral yang ada dan menyerukan perluasan hubungan lebih lanjut."

Tanpa rincian spesifik, kantor berita Iran menambahkan bahwa "keduanya juga membahas perkembangan regional dan internasional terbaru, serta kepentingan bersama." Demikian seperti dikutip dari CNN, Rabu (8/8).

Ini merupakan kunjungan pertama oleh seorang pejabat senior Korea Utara ke Iran selama masa jabatan kedua Presiden Hassan Rouhani dan dilakukan berdasarkan permintaan menteri luar negeri Korea Utara, ungkap IRNA.

Pada hari yang sama, Presiden Donald Trump menulis pesan via Twitter yang memperingatkan negara-negara untuk tidak berbisnis dengan Iran.