Gelar parade militer memperingati HUT ke-70, Korea Utara kirim pesan damai

Dalam parade militernya, Korea Utara tidak memamerkan rudal balistik antarbenua yang disebut mampu menjangkau Amerika Serikat.

Korea Utara menggelar parade militer pada hari Minggu (9/9) untuk memperingati hari lahir negara ke-70 tahun negara itu. REUTERS/Danish Siddiqui

Pada Minggu (9/9), Korea Utara menggelar parade militer untuk menandai peringatan ke-70 hari ulang tahunnya. Kim Jong-un menyaksikan pawai militer dari lapangan Kim Il-sung, Pyongyang. Di sebelahnya, duduk Li Zhanshu, salah satu dari tujuh anggota Komite Tetap Politbiro Partai Komunis China. Dia merupakan tangan kanan Presiden Xi Jinping.

Pawai militer Korea Utara melibatkan puluhan ribu tentara, kendaraan pengangkut lapis baja, peluncur roket dan tank, serta jet-jet tempur yang membentuk formasi 70 dan pada sebuah momen mereka mengeluarkan asap warna merah, putih, dan biru yang melambangkan bendera negara itu.

 REUTERS/Danish Siddiqui

Misil pun dipamerkan untuk menandai puncak parade militer. Namun, misil yang ditampilkan hanyalah rudal jelajah anti-kapal Kumsong-3 dan Pongae-5, yang merupakan rudal permukaan ke udara. Rudal balistik antarbenua (ICBM) Hwasong-14 dan Hwasong-15 yang disebut-sebut mampu menjangkau Amerika Serikat tidak muncul dalam pawai. 

Perbedaan lain yang mencolok dalam perayaan ke-70 HUT Korea Utara adalah tidak ada uji coba senjata nuklir hari itu, seperti yang terjadi dalam dua tahun terakhir.