Korea Selatan: Korea Utara punya 20 hingga 60 bom nuklir

Perkiraan Korea Selatan terhadap jumlah bom nuklir Korea Utara tidak jauh berbeda dari prediksi sejumlah pihak.

Ilustrasi Korea Utara. ANTARA FOTO/REUTERS/Danish Siddiqui

Seorang menteri Korea Selatan mengatakan kepada anggota parlemen bahwa Korea Utara diperkirakan memiliki hingga 60 bom nuklir. Itu disebut sebagai komentar publik pertama Seoul tentang ukuran persenjataan rahasia Korea Utara.

Menteri Unifikasi Cho Myoung-gyon pada Senin (1/10) mengatakan kepada parlemen soal perkiraan senjata nuklir Korea Utara, yakni dari 20 hingga 60 bom nuklir. Pernyataan Cho tersebut merupakan respons atas pertanyaan oleh seorang anggota parlemen.

Cho menerangkan bahwa informasi tersebut didapatnya dari otoritas intelijen. Namun, hingga kini Badan Intelijen Nasional Korea Selatan belum berkomentar terkait isu itu. 

Menteri Korea Selatan itu diduga secara tidak sengaja mengungkapkan informasi tersebut. Pada Selasa (2/10), Kementerian Unifikasi mengatakan bahwa pernyataan Cho tidak berarti bahwa Korea Selatan akan menerima Korea Utara sebagai negara nuklir.

Perkiraan Korea Selatan terhadap jumlah bom nuklir Korea Utara tidak jauh berbeda dari prediksi sejumlah pihak yang sebagian besar mendasarkan perhitungan mereka pada jumlah material nuklir yang diyakini diproduksi oleh Korea Utara.