Menteri pertahanan Israel mengundurkan diri

Tidak hanya mengundurkan diri sebagai Menhan Israel, Lieberman juga menarik partainya keluar dari koalisi PM Netanyahu.

Avigdor Lieberman. / Facebook

Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman mengumumkan pengunduran dirinya pada Rabu (14/11). Langkah tersebut diambilnya sebagai bentuk penentangannya terhadap kesepakatan gencatan senjata antara Israel dan Hamas pasca-pertempuran terburuk selama dua hari sejak perang 2014. 

Bentrokan antara Israel dan Hamas dimulai ketika operasi terselubung pasukan khusus Israel di Gaza terungkap pada Minggu (11/11). Konflik teranyar ini menewaskan tujuh warga Palestina, termasuk komandan Hamas, serta satu tentara Israel.

Pada Selasa sore (13/11), Hamas dan kelompok militan Palestina lainnya menerima usulan gencatan senjata yang ditengahi Mesir. Keputusan ini pun disetujui oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Lieberman yang merupakan pimpinan partai sayap kanan Yisrael Beiteinu menyebut gencatan senjata ini sebagai aksi penyerahan diri pada teror. Menurutnya, melakukan gencatan senjata sama saja dengan bertekuk lutut pada teror yang diciptakan oleh Hamas.

"Kita sedang membeli ketenangan sementara yang akan merugikan keamanan jangka panjang," jelasnya dalam konferensi pers di Yerusalem.