121 negara menginginkan kit tes Covid-19 Korea Selatan

Perusahaan medis Korea Selatan yang memproduksi kit uji Covid-19 telah memperluas kapasitas produksi untuk memenuhi lonjakan permintaan.

Seorang pengemudi menjalani uji Covid-19 melalui klinik 'drive-thru' di Seoul, Korea Selatan, Selasa (3/3). ANTARA FOTO/Yonhap via REUTERS

Seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Korea Selatan pada Rabu (1/4) mengatakan, pihaknya telah menerima permintaan bantuan terkait uji Covid-19 dari 121 negara.

Uji coronavirus jenis baru besar-besaran yang digelar Korea Selatan, didukung oleh penelusuran jejak infeksi yang intensif, telah dianggap sebagai salah satu faktor utama yang membantu memperlambat penyebaran virus di negara itu.

"Kami mendapat banyak permintaan dari berbagai negara karena kami memiliki pengalaman dalam menangani pandemik ini. Sekarang jumlahnya 121 negara, tapi angka tersebut dapat bertambah karena meningkat dari hari ke hari," kata pejabat yang berbicara dengan syarat anonim itu.

Dia menambahkan, Korea Selatan telah membentuk satuan tugas untuk membantu proses penyaluran bantuan, baik dalam bentuk ekspor kit uji Covid-19 maupun bantuan kemanusiaan lainnya.

Pejabat itu tidak merinci negara mana saja yang telah mengontak Korea Selatan. Sejauh ini, beberapa perusahaan medis lokal memiliki kontrak untuk memasok alat medis dengan Italia dan beberapa negara bagian Amerika Serikat.