2 pemadam kebakaran tewas, PM Australia persingkat liburan

Australia telah memerangi kebakaran hutan di timur negara itu selama berminggu-minggu.

Gedung Opera Sydney berselimut kabut asap akibat kebakaran hutan di Australia, Selasa (10/12). ANTARA FOTO/AAP Image/Joel Carrett/via REUTERS

Perdana Menteri Australia Scott Morrison meminta maaf dan mempersingkat liburannya setelah dua sukarelawan pemadam kebakaran tewas saat berjuang memadamkan api yang telah menghanguskan sebagian besar pantai timur negara itu.

Australia telah memerangi kebakaran hutan di timur negara itu selama berminggu-minggu. Api melalap lebih dari 700 rumah dan hampir tiga juta hektare hutan.

Dua pemadam kebakaran tewas ketika truk yang mereka tumpangi tertimpa pohon jatuh saat tengah menuju garis depan api. Dengan demikian, korban tewas sejak awal Oktober menjadi delapan orang.

"Ini adalah peristiwa yang benar-benar menyedihkan di tengah hari-hari yang sulit dan musim kebakaran," sebut Dinas Pemadam Kebakaran Pedesaan New South Wales (RFS) dalam pernyataannya.

RFS menyebut bahwa dua korban tewas tersebut adalah Andrew O'Dwyer (36) dan Geoffrey Keaton (32). Sementara itu, tiga pemadam kebakaran lainnya terluka.