Afrika Selatan tunda penggunaan vaksin Covid-19 AstraZeneca

Afrika Selatan akan bergerak maju menggunakan vaksin Covid-19 yang diproduksi oleh Pfizer-BioNTech dan Johnson & Johnson.

Ilustrasi. Pixabay

Pejabat kesehatan Afrika Selatan mengatakan mereka akan menunda peluncuran vaksin Covid-19 milik AstraZeneca di negara itu.

Hal ini, terjadi setelah sebuah penelitian menunjukkan bahwa vaksin tersebut tidak terlalu efektif dalam memberikan perlindungan dari varian baru Covid-19 yang pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan.

Dalam pengarahan pada Minggu (7/2), Menteri Kesehatan (Menkes), Afrika Selatan Zweli Mkhize mengatakan, penundaan tersebut bersifat sementara dan dilakukan selagi para ilmuwan mencari cara paling efektif untuk menyebarkan vaksin AstraZeneca.

Dia menambahkan, Afrika Selatan akan bergerak maju dengan menggunakan vaksin Covid-19 yang diproduksi oleh Pfizer-BioNTech dan Johnson & Johnson.

Data awal yang dirilis pada Minggu, menunjukkan bahwa dua dosis vaksin Oxford-AstraZeneca hanya memberikan perlindungan minimal terhadap varian baru Covid-19 asal Afrika Selatan.