AS blokir kebangkitan lalu lintas udara Korea Utara

Sikap AS disebut-sebut sebagai taktik negosiasi untuk mempertahankan tekanan terhadap Korea Utara jelang KTT kedua Trump dan Kim Jong-un.

Ilustrasi / Pixabay

Amerika Serikat telah memblokir upaya sebuah badan PBB untuk meningkatkan penerbangan sipil di Korea Utara pada saat Pyongyang berusaha membuka kembali sebagian wilayah udara mereka untuk penerbangan asing. Hal itu diungkapkan oleh tiga sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Menurut salah satu sumber, langkah AS tersebut adalah bagian dari taktik negosiasi untuk mempertahankan tekanan terhadap Korea Utara jelang pertemuan puncak kedua antara Donald Trump dan Kim Jong-un di Vietnam pada 27-28 Februari.

Dalam KTT tersebut, Washington mengincar komitmen konkret Pyongyang soal denuklirisasi. 

Organisasi Penerbangan Sipil Internasional PBB (ICAO), dengan 192 negara anggota, telah bekerja sama dengan Pyongyang untuk membuka rute penerbangan baru yang akan melintasi wilayah udara Korea Utara dan Korea Selatan.

Para maskapai saat ini mengambil rute tidak langsung untuk menghindari Korea Utara menyusul kekhawatiran ancaman peluncuran rudal yang tidak diumumkan. Peristiwa tersebut pernah disaksikan oleh sejumlah penumpang penerbangan komersial.