AS-China gelar pembicaraan dagang pertama di era Biden

Perwakilan dagang AS-China mengadakan pertemuan virtual untuk membahas pentingnya hubungan perdagangan antara kedua negara.

Ilustrasi AS vs China. Shutterstock

Negosiator perdagangan utama Amerika Serikat (AS) dan China mengadakan pembicaraan dalam pertemuan pertama mereka di bawah kepresidenan Joe Biden.

Perwakilan Dagang AS, Katherine Tai, dan Wakil Perdana Menteri China, Liu He, mengadakan pertemuan virtual pada Rabu (26/5) untuk membahas berbagai hal. Keduanya mengatakan, pertemuan membahas pentingnya hubungan perdagangan antara Washington dan Beijing.

Pembicaraan tersebut menyusul sikap agresif pemerintahan mantan Presiden AS, Donald Trump, terhadap China yang mengakibatkan perang dagang berlarut-larut.

Kantor Perwakilan Dagang AS menuturkan, Tai dan Liu membahas prinsip-prinsip panduan dari kebijakan perdagangan dan tinjauannya yang sedang berlangsung tentang hubungan perdagangan AS-China.

Kedua belah pihak menyatakan, telah setuju melanjutkan negosiasi. Sementara itu, Kementerian Perdagangan China mengatakan, keduanya mengadakan diskusi yang jujur, pragmatis, dan konstruktif dengan sikap kesetaraan dan saling menghormati.