AS: Kami tidak ingin menginvasi Korea Utara

AS memberi isyarat kuat bahwa mereka bersedia untuk secara resmi mengakhiri Perang Korea.

Kim Jong-un dan Donald Trump dalam KTT perdana mereka di Singapura pada Juni 2018. Instagram/@realdonaldtrump

Utusan Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat untuk Korea Utara pada Kamis (31/1) menerangkan bahwa Washington tidak ingin menyerang negara itu. Dia memberi isyarat kuat bahwa AS bersedia untuk secara resmi mengakhiri Perang Korea. 

"Presiden Trump siap mengakhiri perang," ujar Steve Biegun di Stanford. "Itu sudah berakhir, sudah selesai. Kami tidak akan menyerang Korea Utara. Kami tidak berusaha untuk menggulingkan rezim Korea Utara."

"Saya benar-benar yakin, dan yang lebih penting Presiden AS juga meyakininya, bahwa sudah waktunya untuk mengakhiri perang dan permusuhan selama 70 tahun di Semenanjung Korea. Tidak ada alasan bagi konflik ini untuk bertahan lebih lama lagi."

Korea Utara telah mendorong AS untuk berkomitmen pada perjanjian damai formal untuk mengakhiri konflik. Adapun dalam KTT pada April 2018, Kim Jong-un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in telah sepakat untuk menciptakan akhir resmi Perang Korea.

Dalam sambutannya di Stanford, Biegun juga menghancurkan prospek bahwa AS akan setuju untuk menarik pasukan dari Korea Selatan sebagai konsesi untuk Kim Jong-un.