Biden akan umumkan kabinet pekan depan

Beberapa nama telah dikantonginya sebagai calon menteri sekalipun Donald Trump menghalang-halanginya menuju Gedung Putih.

Joe Biden di Waverly, Iowa, Rabu (4/12/2019). Foto Antara/Reuters/Shannon Stapleton

Presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Joe Biden, mempercepat pemilihan kabinetnya dan berencana menyampaikan pengumuman pertama, pekan depan.

Seorang pejabat menyatakan, langkah tersebut merupakan bagian dari upaya bersama untuk menunjukkan Biden bergerak maju meskipun Presiden Donald Trump menghalang-halangi jalannya menuju Gedung Putih.

Pada Kamis (19/11), Biden menyatakan, telah menetapkan calon menteri keuangan. Para pejabat menambahkan, dia juga telah mencapai keputusan terkait jabatan penting lainnya, beberapa di antaranya diperkirakan akan diumumkan sebelum Thanksgiving.

Awal pekan depan sebagai hari tentatif untuk perkenalan pertama anggota Kabinet Biden, kata seorang pejabat, dan yang lainnya akan datang kemudian.

Anggota Board of Governors of the Federal Reserve, Lael Brainard, dipandang sebagai pesaing utama untuk memimpin Kementerian Keuangan AS. Jika terpilih, dia akan menjadi menkeu wanita pertama.