sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Biden akan umumkan kabinet pekan depan

Beberapa nama telah dikantonginya sebagai calon menteri sekalipun Donald Trump menghalang-halanginya menuju Gedung Putih.

Valerie Dante
Valerie Dante Jumat, 20 Nov 2020 19:11 WIB
Biden akan umumkan kabinet pekan depan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 502.110
Dirawat 63.722
Meninggal 16.002
Sembuh 422.386

Presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Joe Biden, mempercepat pemilihan kabinetnya dan berencana menyampaikan pengumuman pertama, pekan depan.

Seorang pejabat menyatakan, langkah tersebut merupakan bagian dari upaya bersama untuk menunjukkan Biden bergerak maju meskipun Presiden Donald Trump menghalang-halangi jalannya menuju Gedung Putih.

Pada Kamis (19/11), Biden menyatakan, telah menetapkan calon menteri keuangan. Para pejabat menambahkan, dia juga telah mencapai keputusan terkait jabatan penting lainnya, beberapa di antaranya diperkirakan akan diumumkan sebelum Thanksgiving.

Awal pekan depan sebagai hari tentatif untuk perkenalan pertama anggota Kabinet Biden, kata seorang pejabat, dan yang lainnya akan datang kemudian.

Anggota Board of Governors of the Federal Reserve, Lael Brainard, dipandang sebagai pesaing utama untuk memimpin Kementerian Keuangan AS. Jika terpilih, dia akan menjadi menkeu wanita pertama.

Tiga pejabat yang secara dekat berurusan dengan proses transisi Biden menolak memberikan keterangan tentang Brainard sebagai pilihan utama.

Para pejabat menyebut, Biden kemungkinan besar mengumumkan calon menteri luar negeri pada pekan depan, bersamaan dengan pemakluman sejumlah pejabat tinggi lainnya.

"Ada keinginan untuk menyampaikan, kami sedang mengatur dan beroperasi dengan cepat," kata seorang pejabat yang juga terlibat dalam proses transisi Biden.

Sponsored

Sudah seminggu sejak Ron Klain dilaporkan menjadi kandidat utama kepala staf Gedung Putih yang baru.

Para pejabat menjelaskan, Biden telah mewawancarai calon anggota kabinet secara virtual, dengan satu atau dua pengecualian. Ini dilakukan akibat adanya pembatasan sosial demi mencegah penularan Covid-19.

Dalam sebuah wawancara pada Kamis (19/11) malam, Klain mengatakan, pengumuman lebih lanjut tentang staf Gedung Putih akan dirilis pada Jumat (20/11).

Seorang pejabat transisi mengatakan, Carlos Elizondo diperkirakan akan diangkat sebagai Sekretaris Sosial Gedung Putih. Pada masa pemerintahan Barack Obama, dia menjabat Sekretaris Sosial Biden saat menjabat wakil presiden.

Selain itu, Anggota Partai Demokrat dari Illinois, Senator Tammy Duckworth, sedang dipertimbangkan memimpin Kementerian Pertahanan. (CNN)

Menjinakkan La Nina demi ketahanan pangan

Menjinakkan La Nina demi ketahanan pangan

Senin, 23 Nov 2020 16:42 WIB
Efek domino kekerasan perempuan berbasis online

Efek domino kekerasan perempuan berbasis online

Minggu, 22 Nov 2020 14:48 WIB
Berita Lainnya