Bintang utamanya dukung polisi Hong Kong, film Mulan terancam diboikot

Boikot diserukan setelah Liu mengunggah sebuah pesan dukungan di situs media sosial China, Weibo.

Liu Yifei yang berperan sebagai tokoh utama dalam film produksi Disney, Mulan. Instagram/@Mulan

Film produksi Disney, Mulan, terancam diboikot setelah bintang utamanya Crystal Liu, yang juga dikenal sebagai Liu Yifei, menyuarakan dukungan terhadap langkah polisi di Hong Kong dalam menangani aksi unjuk rasa prodemokrasi di kota itu. 

Boikot diserukan setelah Liu mengunggah sebuah pesan dukungan di situs media sosial China, Weibo. "Saya mendukung polisi Hong Kong. Silakan serang saya," ujar Liu. 

Pernyataan Liu merujuk pada seorang jurnalis media China, Global Times, yang dipukuli oleh pengunjuk rasa prodemokrasi karena mengenakan kaus bertuliskan "I love HK police".

Unggahan tersebut langsung memancing kecaman keras dari pengguna media sosial. Warganet mengkritiknya menggunakan tagar #BoycottMulan. Pasalnya, polisi diduga menggunakan kekerasan berlebihan dalam menangani aksi unjuk rasa yang telah berlangsung sejak Juni.

Para pengguna media sosial mengatakan bahwa dengan menyatakan dukungannya terhadap polisi Hong Kong, Liu mendukung kebrutalan polisi dan merendahkan perjuangan reformasi demokrasi di kota itu. Hingga kini, Disney belum buka suara untuk menanggapi ancaman boykot tersebut.