Buat sejarah, India mendaratkan pesawat ruang angkasa di dekat kutub selatan bulan

Keberhasilan ini juga membuat India menjadi negara keempat yang melakukan pendaratan di bulan.

Anak-anak sekolah bersorak saat menyaksikan keberhasilan pendaratan Chandrayaan-3, atau "pesawat bulan" dalam bahasa Sansekerta, di Planetarium Nehru di New Delhi, India, Rabu, 23 Agustus 2023. Foto: cbsnews

India membuat sejarah ketika menjadi negara pertama di dunia yang mendaratkan pesawat ruang angkasanya di dekat kutub selatan bulan. Itu adalah sebuah wilayah yang belum dipetakan yang diyakini para ilmuwan dapat menyimpan cadangan penting air beku

Keberhasilan ini juga membuat India menjadi negara keempat yang melakukan pendaratan di bulan.

Sebuah wahana pendarat dengan wahana penjelajah di dalamnya mendarat di permukaan bulan pada Rabu (23/8) pukul 6:04 waktu setempat, memicu sorak-sorai dan tepuk tangan di antara para ilmuwan luar angkasa yang menyaksikannya di kota Bengaluru, India selatan. Setelah upaya yang gagal pada tahun 2019, India kini bergabung dengan Amerika Serikat, Uni Soviet, dan Tiongkok dalam mencapai tonggak sejarah ini.

Perdana Menteri India Narendra Modi menyaksikan pendaratan bersejarah tersebut dari Afrika Selatan, tempat ia berpartisipasi dalam pertemuan puncak negara-negara BRICS.

"India sekarang berada di bulan. India telah mencapai kutub selatan bulan – tidak ada negara lain yang mencapai hal itu. Kita sedang menyaksikan sejarah," kata Modi sambil mengibarkan bendera tiga warna India.