China berikan vaksin Covid-19 kepada Kim Jong Un

Ada tiga perusahaan China sedang mengembangkan vaksin virus corona, termasuk Sinovac Biotech Ltd, CanSinoBio, dan Sinophram Group.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berbicara selama Pertemuan ke-19 Biro Politik Komite Sentral ke-7 Partai Pekerja Korea (WPK), dalam gambar ini dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea Utara pada 5 Oktober 2020. KCNA / melalui REUTERS.

China telah memberikan vaksin virus corona eksperimental kepada pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong Un dan keluarganya. Hal ini diujarkan oleh seorang analis US pada Selasa (1/12), mengutip dua sumber intelijen Jepang yang tidak sebutkan namanya. 

Harry Kazianis, seorang ahli Korut di wadah pemikir Center for the National Interest di Washington, mengatakan, Kim dan beberapa pejabat senior Korut telah divaksinasi. Tidak dijelaskan perusahaan mana yang telah memasok kandidat obatnya kepada Kim dan keluarga dan apakah itu terbukti aman.

"Kim Jong Un dan beberapa pejabat tinggi lainnya dalam keluarga Kim dan jaringan kepemimpinan telah divaksinasi untuk virus corona dalam dua hingga tiga minggu terakhir berkat kandidat vaksin yang disediakan oleh pemerintah China," tulis Kazianis dalam sebuah artikel untuk outlet online. 

Mengutip ilmuwan medis AS, Peter J.Hotez, dirinya mengungkapkan, setidaknya tiga perusahaan China sedang mengembangkan vaksin virus corona, termasuk Sinovac Biotech Ltd, CanSinoBio, dan Sinophram Group.

Sinophram mengatakan, kandidatnya telah digunakan oleh hampir satu juta orang di China, meskipun tidak ada perusahaan yang diketahui secara terbuka meluncurkan uji klinis Fase 3 dari obat Covid-19 eksperimental mereka. Beberapa ahli meragukan Kim akan menggunakan vaksin eksperimental.