Coronavirus telah menyebar ke 20 negara

Di Benua Eropa, coronavirus terkonfirmasi menginfeksi sejumlah orang di Jerman, Italia, dan Finlandia.

Anak-anak memakai masker untuk mencegah penularan coronavirus jenis baru di Hong Kong, Kamis (23/1). ANTARA FOTO/REUTERS/Tyrone Siu

Pada Kamis (30/1) malam, otoritas kesehatan di Jerman mengonfirmasi kasus kelima dari wabah coronavirus jenis baru. Pasien merupakan seorang laki-laki yang bekerja di perusahaan yang sama di Negara Bagian Bavaria di mana empat kasus sebelumnya terdeteksi.

Empat kasus sebelumnya melibatkan tiga pria dan seorang wanita yang bekerja di pemasok suku cadang mobil Jerman, Webasto. Pada Selasa (28/1), perusahaan menyatakan bahwa seorang karyawan di kantor pusatnya di Stockdorf tertular coronavirus  tipe baru setelah ikut lokakarya yang dipimpin oleh seorang rekan dari China. Kasus itu merupakan kasus penularan dari manusia ke manusia yang pertama kali terdeteksi di luar Tiongkok.

Pejabat kesehatan di Bavaria menyebut, hingga Kamis malam dapat dipastikan bahwa tidak ada karyawan Webasto lain yang positif tertular virus yang menyebar dari Kota Wuhan, China, tersebut. Namun, sekitar 110 orang yang memiliki kontak dekat dengan orang-orang yang terinfeksi masih menjalani sejumlah tes untuk dipastikan kondisinya.

Pemerintah Jerman menuturkan, informasi lebih lanjut tentang perkembangan penyebaran coronavirus jenis baru di negara itu akan dirilis pada Jumat (31/1).

Masih dari Benua Biru, Italia melaporkan kasus coronavirus jenis baru pertamanya pada Kamis. Dokter di negara itu mengonfirmasi dua wisatawan China positif terkena virus tersebut.