Darurat kebakaran hutan, warga Australia didesak mengungsi

Kebakaran hutan di New South Wales dan Queensland telah menewaskan tiga orang dan menghancurkan lebih dari 150 rumah.

Gambar kebakaran dari rekaman video udara di Bills Crossing di Harrington, Australia, Jumat (8/11). ANTARA FOTO/NSW Rural Fire Service via REUTERS

Pihak berwenang menyatakan status darurat di wilayah pantai timur Australia pada Senin (11/11), mendesak penduduk yang tinggal di daerah berisiko tinggi untuk mengungsi sebelum kebakaran hutan semakin parah.

Kebakaran hutan di New South Wales dan Queensland telah menewaskan tiga orang dan menghancurkan lebih dari 150 rumah. Para pejabat memperkirakan cuaca panas dan angin kering akan memuncak pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya pada Selasa (12/11).

Peristiwa kebakaran hutan merupakan bencana mematikan yang kerap terjadi selama musim panas yang kering di Australia, tetapi gelombang panas yang terjadi saat ini mengejutkan banyak orang.

"Semua orang harus waspada di mana pun Anda berada dan harus mempersiapkan diri untuk menghadapi kemungkinan terburuk," kata Perdana Menteri New South Wales Gladys Berejiklian.

Pihak berwenang menyatakan Sydney memiliki ancaman potensi kebakaran serius ketika angin kering diperkirakan akan menerjang dan suhu mencapai 37 derajat Celcius pada Selasa.