Demo di AS: KBRI Washington pastikan WNI aman

Menurut KBRI Washington, saat ini terdapat 142.441 WNI di Amerika Serikat.

Anggota Secret Service berdiri di belakang barikade saat protes atas kematian George Floyd terjadi di dekat Gedung Putih, Washington, AS, Sabtu (3/5). ANTARA FOTO/REUTERS/Eric Thayer

Dalam pernyataan pada Senin (1/6), KBRI Washington menyatakan bahwa seluruh perwakilan Indonesia di Amerika Serikat terus memonitor dan memastikan keselamatan WNI di negara tersebut.

Pernyataan itu dirilis menyusul gelombang demonstrasi di AS sejak kematian pria kulit hitam, George Floyd, di Minneapolis pada 25 Mei.

Kematian Floyd memicu unjuk rasa setelah viral video yang mempertontonkan pria itu terengah-engah saat seorang polisi menekan leher Floyd dengan lututnya.

"Seluruh WNI di AS, berjumlah 142.441 orang, saat ini berada dalam kondisi aman. Tidak ada laporan terkait WNI yang terdampak akibat demonstrasi," ujar Wakil Duta Besar RI untuk AS Iwan Freddy Hari Susanto.

KBRI Washington menuturkan bahwa unjuk rasa yang terjadi di berbagai wilayah di AS telah memicu sejumlah otoritas negara bagian untuk menerapkan jam malam dan mendeklarasikan keadaan darurat.