sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Demo di AS: KBRI Washington pastikan WNI aman

Menurut KBRI Washington, saat ini terdapat 142.441 WNI di Amerika Serikat.

Valerie Dante
Valerie Dante Selasa, 02 Jun 2020 11:22 WIB
Demo di AS: KBRI Washington pastikan WNI aman
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 64958
Dirawat 31798
Meninggal 3241
Sembuh 29919

Dalam pernyataan pada Senin (1/6), KBRI Washington menyatakan bahwa seluruh perwakilan Indonesia di Amerika Serikat terus memonitor dan memastikan keselamatan WNI di negara tersebut.

Pernyataan itu dirilis menyusul gelombang demonstrasi di AS sejak kematian pria kulit hitam, George Floyd, di Minneapolis pada 25 Mei.

Kematian Floyd memicu unjuk rasa setelah viral video yang mempertontonkan pria itu terengah-engah saat seorang polisi menekan leher Floyd dengan lututnya.

"Seluruh WNI di AS, berjumlah 142.441 orang, saat ini berada dalam kondisi aman. Tidak ada laporan terkait WNI yang terdampak akibat demonstrasi," ujar Wakil Duta Besar RI untuk AS Iwan Freddy Hari Susanto.

KBRI Washington menuturkan bahwa unjuk rasa yang terjadi di berbagai wilayah di AS telah memicu sejumlah otoritas negara bagian untuk menerapkan jam malam dan mendeklarasikan keadaan darurat.

Wadubes Iwan menyatakan, keselamatan dan keamanan WNI di AS menjadi prioritas dan perhatian khusus KBRI Washington serta perwakilan Indonesia di seluruh negeri.

"Sebagai salah satu bentuk perlindungan bagi WNI, seluruh perwakilan Indonesia di AS mengimbau agar WNI tetap tenang, waspada, dan tidak keluar rumah kecuali ada kepentingan mendesak seperti membeli kebutuhan rumah tangga sehari-hari atau pergi ke dokter," jelas dia.

Selain itu, Iwan mengatakan bahwa KBRI Washington meminta WNI menjaga keselamatan mereka dengan menjauhi tempat-tempat terjadinya unjuk rasa.

Sponsored

"Kita minta mereka mematuhi setiap instruksi, kebijakan, dan peraturan yang dikeluarkan oleh otoritas setempat," ujar Iwan.

Iwan menambahkan bahwa seluruh perwakilan Indonesia di AS terus menjalin kontak dengan komunitas WNI, termasuk para mahasiswa, di berbagai wilayah di AS untuk membantu memantau dari dekat dan memastikan keselamatan mereka.

KBRI Washington dan seluruh KJRI yang tersebar di AS juga membuka layanan nomor hotline bagi WNI yang membutuhkan bantuan atau pertolongan.

Berita Lainnya