Dubes baru Inggris paparkan agenda kerja sama dengan Indonesia

Menurut Jenkins, kemitraan dengan Inggris sebagai salah satu kekuatan dunia, akan menjadikan Indonesia semakin besar dan berkembang.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins dalam konferensi pers di Kedutaan Inggris, Jakarta, Rabu (14/8). Alinea.id/Valerie Dante

Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins memaparkan agenda kerja sama dengan Indonesia selama empat tahun ke depan. Jenkins yang menyerahkan surat kepercayaannya kepada Presiden Joko Widodo pekan lalu menuturkan bahwa Indonesia-Inggris memiliki potensi untuk meningkatkan hubungan bilateral.

"Ada potensi besar untuk melakukan lebih banyak lagi. Kemitraan dengan Inggris, sebagai salah satu kekuatan dunia, akan menjadikan Indonesia semakin besar dan berkembang," tutur Dubes Jenkins dalam konferensi pers di Kedutaan Inggris, Jakarta, pada Rabu (14/8).

Jenkins menuturkan bahwa sebelum resmi menjadi dubes untuk Indonesia, dia sudah bertemu dengan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi pada Juni. Saat itu, Menlu Retno berkunjung ke London untuk mengikuti forum kemitraan dan membahas berbagai bentuk kerja sama.

"Saya dapat lebih memahami seberapa luas bidang kerja sama antara kedua negara," ungkapnya.

Untuk empat tahun ke depan, Dubes Jenkins berharap Indonesia dan Inggris dapat meningkatkan kerja sama di bidang politik, perdagangan, investasi dan ekonomi.