Dubes China: Soal coronavirus, kami transparan

Secara global coronavirus telah merenggut 427 nyawa.

Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian. / id.china-embassy.org

Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian mengatakan bahwa pemerintah Tiongkok sangat mementingkan pencegahan dan pengendalian wabah coronavirus jenis baru sejak pertama kali kasus terdeteksi di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, pada akhir 2019.

Dia menyebut, Presiden China Xi Jinping sendiri memimpin dan mengoordinasikan upaya pertarungan melawan wabah tersebut. Tiongkok, tegas Dubes Xiao, telah sangat transparan dalam menangani coronavirus.

"Kami sangat transparan. Contohnya, setiap hari sebelum pukul 08.00, Komisi Kesehatan Nasional China akan mengumumkan data terbaru, situasi penyebaran wabah, serta langkah-langkah pencegahan dan pengendalian," tutur Dubes Xiao seperti dikutip dari video konferensi pers yang dibagikan Kedutaan Besar China di Jakarta pada Selasa (4/2).

Selain itu, Dubes Xiao menuturkan bahwa otoritas China juga secara konsisten mengumumkan daftar rumah sakit dan klinik di Tiongkok yang dapat menangani pasien-pasien terinfeksi.

Sejak coronavirus jenis baru merebak, Dubes Xiao menyatakan bahwa pihak Tiongkok juga bersikap terbuka, transparan, dan bertanggung jawab untuk melakukan kerja sama internasional dengan sikap positif dan aktif.