Gunung Taal di Filipina erupsi: KBRI Manila tampung 75 WNI

Tingkat bahaya Gunung Taal di Filipina masih bertahan pada level empat dari lima. Artinya, letusan besar atau berbahaya mungkin terjadi.

Seorang pria berjalan di tengah bangunan, tumbuhan, dan jalan yang tertutup abu pascaerupsi gunung api Taal di Talisay, Batangas, Filipina, Senin (13/1). ANTARA FOTO/REUTERS/Eloisa Lopez

Institute of Volcanology and Seismology (Phivolcs) Filipina pada Kamis (16/1) melaporkan bahwa secara umum, aktivitas Gunung Taal di Provinsi Batangas menurun dalam 24 jam terakhir. Namun, tingkat bahaya masih bertahan pada level empat dari lima.

Tingkat bahaya yang berlaku menunjukkan terdapat potensi letusan besar atau berbahaya.

Taal Volcano Bulletin: 16 January 2020 8:00 A.M. - Alert Level 4 still remains in effect over Taal Volcano (since 7:30 PM, January 12, 2020). #TaalVolcano #TaalEruption2020 pic.twitter.com/CYDGgXBZ2T — PHIVOLCS-DOST (@phivolcs_dost) 16 January 2020

Phivolcs mengulang kembali seruannya untuk evakuasi total di Taal Volcano Island serta daerah-daerah berisiko tinggi dalam radius 14 km dari kawah utama dan di sepanjang lembah Sungai Pansipit.

"Penduduk di sekitar Gunung Taal disarankan waspada atas dampak hujan abu yang berat dan lama," kata Phivolcs.