Harap-harap cemas menanti pidato tahun baru Kim Jong-un

Kim Jong-un akan menyampaikan pidato tahun barunya pada Rabu (1/1).

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un saat berbicara dalam Sidang Pleno ke-5 Komite Pusat ke-7 Partai Buruh. Foto tanpa tanggal ini dirilis KCNA, Minggu (29/12). ANTARA FOTO/KCNA via REUTERS

Kim Jong-un akan menyampaikan pidato tahun baru pada Rabu (1/1). Pidatonya disebut akan mengungkap langkah yang kemungkinan diambil Korea Utara jika Amerika Serikat gagal memenuhi tenggat untuk memperlunak sikapnya atas denuklirisasi.

Pidato tahun baru Kim Jong-un diprediksi akan menyinggung berbagai isu, mulai dari urusan luar negeri, pengembangan militer hingga ekonomi dan pendidikan.

Dalam pidatonya pada 2019, Kim Jong-un mengatakan bahwa dia mungkin harus mengubah arah jika Washington tetap melancarkan tekanan dan menuntut tindakan sepihak. Di lain sisi, dia menekankan ekonomi yang mandiri di tengah pengetatan sanksi.

Washington sendiri lebih memilih mengabaikan tenggat yang diberikan Pyongyang agar pihaknya menunjukkan lebih banyak fleksibilitas demi membuka kembali negosiasi yang bertujuan melucuti program nuklir dan rudal Korea Utara.

Pidato Kim Jong-un diyakini pula menjadi puncak dari sidang pleno ke-5 Komite Sentral ke-7 Partai Buruh, yang merupakan badan pembuat kebijakan utama. Menurut media pemerintah Korea Utara, KCNA, sidang pleno masih berlangsung pada Selasa (31/12).