Hilang berminggu-minggu, Kim Jong-un dikabarkan muncul kembali

KCNA melaporkan, Kim Jong-un meresmikan pabrik pupuk di Pyongyang, Korea Utara, Jumat (1/5).

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, meresmikan pabrik pupuk di utara Pyonyang, seperti gambar yang disiarkan Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA), Sabtu (2/5/2020). Foto Antara/KCNA/via REUTERS

Setelah berminggu-minggu beredar spekulasi tentang kondisi kesehatan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, kantor berita negara KCNA pada Sabtu (2/5) melaporkan, dia menghadiri upacara pembukaan pabrik pupuk di wilayah utara Ibu Kota Pyongyang.

Berita itu merupakan laporan pertama terkait kehadirannya dalam acara publik sejak 11 April.

KCNA melaporkan, Kim Jong-un memotong pita dalam upacara pembukaan pabrik, Jumat (1/5). Media ini tidak memberikan penjelasan terkait kondisinya saat menghilang selama berminggu-minggu.

Dalam sejumlah foto yang dirilis KCNA, Kim Jong-un disebut terlihat tersenyum dan berbincang dengan sejumlah ajudannya yang turut hadir. Kim Jong-un didampingi sejumlah pejabat senior, termasuk adik perempuannya, Kim Yo-jong.

Sejauh ini, Korea Utara belum melaporkan adanya kasus coronavirus baru (Covid-19). Pemerintah setempat mengatakan, mereka telah mengambil langkah-langkah ketat untuk mencegah penyebaran pandemi.