Hujan deras dan banjir di Jerman, Swiss dan Belgia, sedikitnya 8 orang tewas

Jumlah korban bisa bertambah karena masih ada laporan kehilangan. Curah hujan tinggi di Swiss juga menyebabkan tanah longsor.

Ilustrasi. Hermann Traub /Pixabay

Curah hujan di seluruh Eropa barat telah menyebabkan banyak sungai meluap di Belgia, Jerman dan Swiss. Sedikitnya delapan orang tewas di Jerman dan Belgia akibat banjir setelah hujan lebat berhari-hari.

Polisi di Koblenz, di negara bagian Rhineland-Palatinate, Jerman barat, mengatakan pada Kamis bahwa empat orang tewas di daerah Ahrweiler dan "banyak orang dilaporkan hilang."

"Banyak orang hilang berada di atap rumah yang hanyut di kota Schuld," kata juru bicara polisi Koblenz. Sekitar 50 orang sedang menunggu penyelamatan di atap pada hari Kamis ini, kata polisi Koblenz.

Empat kematian itu menambah jumlah korban tewas akibat hujan lebat baru-baru ini di seluruh Jerman menjadi enam. Sebelumnya, seorang pria berusia 82 tahun meninggal di Wuppertal setelah jatuh di ruang bawah tanahnya yang kebanjiran dan seorang pemadam kebakaran tenggelam di Altena selama pekerjaan penyelamatan.

Di seberang perbatasan, Gubernur Provinsi Liege, Catherine Delcourt, mengatakan pada Kamis pagi bahwa sedikitnya dua orang tewas dan beberapa lainnya hilang.