Inggris izinkan penggunaan Huawei, AS kecewa

Pemerintahan Donald Trump telah mendesak sekutu AS untuk melarang total penggunaan produk Huawei.

Ilustrasi Inggris / Pixabay

Pemerintah Inggris mengatakan pada Selasa (28/1), pihaknya akan mengizinkan raksasa telekomunikasi China, Huawei, untuk terlibat dalam pembangunan teknologi 5G di negara itu. Keputusan tersebut dinilai dapat mengancam kerja sama intelijen dan perdagangan dengan Amerika Serikat.

Pengumuman itu muncul menyusul debat publik selama berbulan-bulan di Inggris tentang bagaimana merespons kekhawatiran AS soal potensi risiko keamanan nasional yang ditimbulkan oleh komponen Huawei serta ancaman serangan siber China.

Menurut pernyataan pemerintah Inggris, operator seluler akan dapat menggunakan peralatan Huawei pada jaringan 5G mereka, tetapi perusahaan itu akan dikecualikan dari bagian inti yang sensitif.

Pemerintahan Donald Trump telah mendesak sekutu AS untuk melarang total penggunaan produk Huawei, menuduh Beijing dapat menggunakannya untuk kegiatan mata-mata. Kepada Inggris khususnya, AS mengingatkan bahwa kerja sama intelijen kedua negara dapat berisiko jika hal tersebut dilakukan.

Di bawah hukum China, perusahaan-perusahaan lokal dapat diperintahkan untuk bertindak di bawah arahan Beijing. Dan Huawei telah secara konsisten membantah peralatannya dimanfaatkan untuk melakukan pengintaian.