Jelang 22 Mei, 5 kedubes asing rilis peringatan perjalanan

Kelima misi diplomatik asing tersebut adalah Amerika Serikat, Australia, Belanda, Malaysia, dan Singapura.

Sejumlah petugas membawa kotak suara sebelum rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat Provinsi di KPU Provinsi Jawa Barat, Bandung, Jawa Barat, Rabu (8/5). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Sejumlah kedutaan besar asing di Jakarta merilis peringatan perjalanan atau travel advisory bagi warganya di Indonesia menjelang pengumuman hasil Pemilu 2019 pada Rabu (22/5).

Pada Jumat (17/5), melalui pernyataan tertulis yang tertera di situs resminya, Kedutaan Besar Amerika Serikat meminta warganya yang berada atau menetap di Jakarta maupun kota-kota besar lainnya untuk menghindari area demonstrasi dan memantau perkembangan situasi lewat media lokal.

Di hari yang sama, Kedutaan Besar Singapura juga menerbitkan peringatan perjalanan mengenai kemungkinan demonstrasi berujung ricuh pada 22 Mei.

"Warga Singapura di Indonesia disarankan untuk menghindari daerah-daerah dengan massa yang besar dan memonitor media lokal secara saksama," jelas pernyataan yang dirilis di situs resmi Kedubes Singapura seperti dilansir Alinea.id pada Senin (20/5).

Imbauan serupa dikeluarkan oleh Kedutaan Besar Belanda pada Sabtu (18/5). Kedubes Belanda mengimbau warganya di Indonesia untuk waspada terhadap risiko kerusuhan.