Jurus ngeles Netanyahu dari serangan oposisi pascaserangan 7 Oktober

Di satu sisi, Netanyahu mengakui bahwa "soal tanggung jawab" adalah pertanyaan yang perlu ditanyakan

PM Netanyahu. Foto: Ist

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bukan hanya menjadi sasaran kemarahan global. Di dalam negeri, ia pun tengah mengalami tekanan kuat dari oposisi. Ia dianggap bertanggung jawab terhadap jebolnya pertahanan Israel dari serangan Hamas pada 7 Oktober lalu. Netanyahu pun hanya bisa berkelit.

Para pemimpin partai oposisi mengecam  Netanyahu karena terus mengalihkan kesalahan atas kegagalan Israel mencegah serangan Hamas yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Netanyahu sebelumnya menolak bertanggung jawab, bahkan menunjuk hidung pihak lain. Menurutnya, protes tentara cadangan terhadap koalisinya awal tahun ini mungkin merupakan faktor yang membuat Hamas memutuskan melancarkan serangan ke Israel.

Pada Juli lalu, ribuan tentara cadangan mengundurkan diri sebagai protes terhadap reformasi peradilan pemerintah yang akan menghapuskan pengawasan Mahkamah Agung terhadap pemerintah.

“Setiap kali dia melakukan hal yang sama: men-tweet lalu menghapusnya, mengatakannya lalu menyangkalnya. Itu metodenya,” kata Pemimpin Oposisi Yair Lapid pada awal pertemuan faksi partainya Yesh Atid di Knesset, seperti dikutip timesofisrael, 6 November lalu.