Kapal tanker diserang 'drone bunuh diri', Israel tuduh Iran

Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid menuduh saingan regional utama negaranya, Iran, menyerang Mercer Street.

USS Ronald Reagan. foto USS Navy

Serangan yang menewaskan dua orang di atas kapal yang berbasis di London di lepas pantai Oman di Laut Arab pada hari Kamis, diyakini sebagai serangan pesawat tak berawak (drone). Hal itu dinyatakan Armada Kelima Angkatan Laut AS, yang beroperasi di wilayah tersebut.

Armada Kelima, dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu, mengatakan bahwa pakar bahan peledak Amerika, yang telah memeriksa kapal tanker produk Mercer Street, telah menemukan bukti visual yang jelas bahwa serangan telah terjadi di kapal.

“Indikasi awal dengan jelas menunjukkan serangan gaya (drone),” katanya, tanpa merinci bagaimana kesimpulan seperti itu dicapai.

Dua kapal perang AS – kapal induk bertenaga nuklir USS Ronald Reagan dan kapal perusak berpeluru kendali USS Mitscher – telah mengawal kapal dagang naas itu ke pelabuhan yang aman, tambahnya.

Pernyataan Angkatan Laut AS telah menggemakan laporan media sebelumnya, yang mengutip seorang pejabat AS yang tidak disebutkan namanya, yang menyalahkan serangan itu pada “pesawat nirawak bunuh diri.”