Kebakaran di California, puluhan ribu warga dievakuasi

Malfungsi di menara transmisi tegangan tinggi dicurigai menjadi pemicu kebakaran.

Kebakaran yang mengikuti arah angin membakar jalur listrik di Sylmar, California, Amerika Serikat, Kamis (10/10). ANTARA FOTO/REUTERS/Gene Blevins

Pada Kamis (24/10), pihak berwenang mengatakan bahwa kebakaran di California, yang memaksa puluhan ribu orang dievakuasi, dicurigai bermula dari malfungsi di menara transmisi tegangan tinggi milik Pacific Gas and Electric (PG&E).

Dalam sebuah laporan terbaru, perusahaan tersebut mengaku kepada Komisi Utilitas Publik California bahwa salah satu jaringan listriknya mengalami malfungsi tidak lama sebelum api mulai berkobar pada Rabu (23/10) malam.

PG&E telah mematikan beberapa kabel distribusi listrik di daerah itu sebagai tindakan pencegahan terhadap angin kering, tetapi saluran transmisi tegangan tinggi dibiarkan berfungsi karena dianggap dapat tahan menghadapi kondisi ekstrem.

Perusahaan itu mengatakan, menara transmisi yang terdampak sebelumnya sudah diperiksa dalam program inspeksi keselamatan kebakaran tahunan.

Baik PG&E maupun Komisi Utilitas Publik California tidak mengatakan apakah menara transmisi yang rusak dicurigai sebagai pemicu kebakaran, yang dijuluki kebakaran Kincade, yang telah melahap puluhan rumah dan bangunan lainnya.