Kim Jong-un kembali muncul setelah menghilang 22 hari

Kim Jong-un muncul pada Sabtu (15/2), dengan mengunjungi Kumsusan Palace of the Sun.

Kim Jong-un dalam foto yang dirilis pada 15 Februari 2020 oleh North Korean Central Television Station saat memberi penghormatan kepada mendiang ayahnya, Kim Jong-il, di Kumsusan Sun Palace, Korea Utara. KCNA/via REUTERS

Kim Jong-un membuat penampilan publik pertamanya dalam 22 hari pada Sabtu (15/2), dengan mengunjungi mausoleum nasional atau yang dikenal pula dengan sebutan Kumsusan Palace of the Sun. Kunjungan itu untuk menandai hari lahir ayahnya, Kim Jong-il.

Korean Central News Agency (KCNA) melaporkan bahwa Kim Jong-un memberi penghormatan terhadap Kim Jong-il, menandai penampilan publik pertamanya sejak dia menghadiri perayaan Tahun Baru Imlek pada 25 Januari.

Sejumlah pejabat yang menemani Kim Jong-un melakukan kunjungan ke Kumsusan Palace of the Sun adalah Presiden Presidium Majelis Rakyat Tertinggi Choe Ryong-hae dan Wakil Ketua Komisi Urusan Negara Pak Pong-ju.

Ulang tahun Kim Jong-il yang jatuh pada 16 Februari adalah hari libur nasional yang dirayakan sebagai Day of the Shining Star.

"Hilang"-nya Kim Jong-un terjadi di tengah darurat global coronavirus tipe baru (Covid-19). Korea Utara sendiri belum mengonfirmasi adanya kasus Covid-19, tetapi KCNA melaporkan bahwa pemerintah memperpanjang hingga 30 hari masa karantina bagi orang-orang yang menunjukkan gejala dan seluruh institusi serta orang asing diharapkan patuh tanpa syarat.