Kim Jong-un kunjungi China di tengah perundingan perang dagang

Lawatan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un ke China berlangsung selama tiga hari, dimulai pada Senin (7/1).

Pemimpin Korea Utara dan istri Ri Sol-ju memeriksa pasukan sesaat sebelum bertolak dari Pyongyang menuju China pada Senin (7/1). KCNA via REUTERS

Kim Jong-un (35) kembali mengunjungi China pekan ini. Menurut kantor berita Korea Utara, Korean Central News Agency (KCNA), lawatan yang berlangsung selama tiga hari ini atas undangan Presiden Xi Jinping.

Kunjungan Kim Jong-un bertepatan dengan hari lahirnya yang jatuh pada 8 Januari. Selain itu, momen ini juga terjadi ketika para perunding Amerika Serikat dan China tengah bernegosiasi di Beijing untuk mengakhiri perang dagang, yang sudah mulai menggerogoti Tiongkok.

Dalam laporannya pada Selasa (8/1), KCNA menyebutkan bahwa Kim Jong-un berangkat dari Pyongyang pada Senin (7/1) sore bersama istrinya Ri Sol-ju. Menteri luar negeri dan negosiator Kim Yong Chol yang telah menangani perundingan dengan AS dan sejumlah negara juga turut serta dalam kunjungan ini.

"Dia disambut hangat oleh para pejabat terkemuka partai, pemerintah, dan organ angkatan bersenjata di stasiun kereta," sebut KCNA.

Menurut media Korea Selatan, kereta lapis baja milik Korea Utara melintasi perbatasan antara Korea Utara dan China pada Senin malam waktu setempat.