Kim Jong-un tolak hadiri KTT ASEAN-Korsel

Korea Utara berterima kasih atas undangan Korea Selatan, namun mereka menyatakan bahwa sekarang bukan saat yang tepat untuk bertemu.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un saat meninjau Pabrik Peralatan Medis Myohyangsan di Korea Utara, Sabtu (26/10). ANTARA FOTO/KCNA via REUTERS

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un tidak akan menghadiri KTT ASEAN-Korea Selatan di Busan pada pekan depan. Kantor berita KCNA pada Kamis (21/11) melaporkan bahwa Pyongyang mengatakan sekarang bukan waktu yang tepat untuk menghadiri pertemuan tersebut karena hubungan yang sedang tegang.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengirim undangan kepada Kim Jong-un pada 5 November dan menawarkan bagi utusan Korea Utara untuk hadir jika dia tidak dapat berpartisipasi.

Moon Jae-in akan menjamu para pemimpin ASEAN dalam KTT yang digelar untuk merayakan peringatan 30 tahun kemitraan mereka. Sebelumnya, dia sempat mengatakan bahwa kemungkinan Kim Jong-un akan bergabung dengan mereka.

Meskipun berterima kasih kepada Korea Selatan atas undangannya, Korea Utara meminta Seoul untuk memahami bahwa pihaknya tidak menemukan alasan bagi Kim Jong-un untuk berpartisipasi dalam KTT tersebut.

Dalam pernyataannya, Pyongyang menuduh Seoul merusak hubungan antara kedua negara dengan terlalu bergantung pada Amerika Serikat dalam menyelesaikan masalah antar-Korea.