Kim Jong-un tunjuk veteran militer sebagai Menlu Korea Utara

Ri Son-gwon disebut hanya memiliki sedikit pengalaman diplomatik.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pada Sidang Pleno ke-5 Komite Pusat ke-7 Partai Buruh Korea (WPK) dalam foto tanpa tanggal yang dirilis Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA), Minggu (29/12). ANTARA FOTO/KCNA via REUTERS

Korea Utara mengganti menteri luar negeri dari Ri Yong-ho menjadi Ri Son-gwon. Menlu baru Korea Utara itu adalah mantan perwira senior militer sekaligus pejabat di Partai Buruh.

Ri Son-gwon yang juga mantan Ketua Komisi Reunifikasi Damai, memimpin delegasi Korea Utara dalam pembicaraan tingkat tinggi pertama antar-Korea pada Januari 2018.

Korea Utara mengumumkan kepada negara-negara yang memiliki perwakilan di Pyongyang bahwa Ri Son-gwon telah ditunjuk sebagai menteri luar negeri pada pekan lalu. Hal tersebut diungkap oleh sumber diplomatik kepada Reuters.

Berbanding terbalik dari pendahulunya yang merupakan diplomat karier dengan pengalaman negosiasi dengan AS selama bertahun-tahun, Ri Son-gwon disebut hanya memiliki sedikit pengalaman diplomatik. Namun, sosoknya dilaporkan terlibat dalam proses diplomasi selama dua tahun terakhir.

Kabar pergantian ini untuk pertama kali dilaporkan oleh NK News yang bermarkas di Seoul pada Sabtu (18/1), mengutip sejumlah sumber yang tidak disebut namanya di Pyongyang.