Korban terus bertambah, banjir Belgia dan Jerman tewaskan 67 jiwa lebih

Sementara layanan cuaca Jerman memperingatkan hujan lebat baru di banyak daerah, sehingga ribuan orang dievakuasi.

ilustrasi. foto Pixabay

Badai hebat dan hujan deras telah menyebabkan kerusakan besar dan setidaknya 58 kematian sejauh ini di daerah Rhineland-Palatinate dan Rhine-Westphalia Utara di Jerman. Sedikitnya sembilan orang lagi tewas di Belgia.

Distrik Ahrweiler di wilayah Eifel di Rhineland-Palatinate sangat terpukul. Kota Schuldei telah hancur. Empat rumah tersapu air, banyak lagi yang rusak dan terancam ambruk.

Anak sungai Rhine, Ahr yang debitnya biasanya kecil, menjadi deras karena hujan. Ratusan rumah di sepanjang pinggir sungai rusak. Sedikitnya 19 orang tewas di distrik Ahrweiler. Lebih dari 30 orang masih hilang. Belum diketahui apakah mereka telah melakukan perjalanan atau menemukan akomodasi di tempat lain, atau apakah mereka juga hanyut.

Banyak orang harus bertahan berjam-jam di atap rumah mereka sampai mereka bisa diselamatkan dari udara. Pemadaman listrik dan gangguan jaringan telepon memperburuk situasi bagi mereka yang terkena dampak. Kerabat, teman, dan kenalan mengalami kesulitan mencari tahu apa yang terjadi pada orang yang mereka cintai. Kadang-kadang, bahkan nomor saluran telepon darurat tidak dapat dihubungi.

Tidak ada peringatan dari pihak berwenang atau mereka datang sangat terlambat sehingga penduduk tidak bisa mendapatkan keselamatan tepat waktu.