Korea Utara menembakkan proyektil tak dikenal

Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan tembakan itu tampaknya merupakan rudal balistik.

Ilustrasi. Pixabay

Korea Utara menembakan proyektil tak dikenal ke arah laut di lepas pantai timurnya pada Selasa (28/9), demikian dikatakan militer Korea Selatan. Tembakan tersebut terjadi di tengah seruan Pyongyang agar Amerika Serikat dan Korea Selatan membatalkan kebijakan bermusuhan mereka.

Militer Korea Selatan tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai tembakan tersebut. Namun, Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan tembakan itu tampaknya merupakan rudal balistik.

Tembakan itu datang tepat sebelum duta besar Korea Utara untuk PBB mendesak Amerika Serikat untuk menghentikan kebijakan permusuhannya terhadap Pyongyang. Selain itu, ia mengatakan tidak ada yang bisa menyangkal hak negaranya untuk membela diri dan menguji senjata.

Di Majelis Umum PBB, perwakilan Korea Utara Kim Song mengatakan, negara itu hanya menopang pertahanan diri dan jika Amerika Serikat membatalkan kebijakan permusuhannya, ia akan menanggapi dengan sukarela kapan saja untuk menawarkan pembicaraan.

"Tetapi penilaian kami bahwa tidak ada prospek pada tahap saat ini bagi AS untuk benar-benar menarik kebijakan permusuhannya," kata Kim.